Sahabat Yang Sedang On Line

SERI RADIOGRAFI "MERUBAH KEBIASAAN (PART 1)"


Pernahkan teman-teman diminta untuk melakkan pemeriksaan Rontgen Os Pedis?, saya sangat yakin teman-teman akan menjawab pasti pernah malah bahkan sering, hampir setiap hari mengerjakannya. Pernahkan teman-teman cermati ketika seorang dokter meminta dilakukan foto pedis, pada form permintaan selalu ditulis “misal: mohon dilakukan foto Pedis dextra AP/Lat”, atau foto Pedis dextra tampak Ankle, dan permintaan foto itu dilakukan berulang-ulang untuk setiap kasus.

Biasanya kebanyakan Radiographer akan membuat foto tersebut dengan posisi AP/Oblique, namun tetap saja pada identitas di film dan pada amplop tempat menaruh film tersebut tertulis foto Pedis dex AP/Lat, walaupun sebenarnya dia telah mengerjakan dengan posisi Oblique. Begitu juga dengan Pemeriksaan Manus, hampir setiap pemeriksaan selalu dibuat foto PA/Oblique, tetapi mengapa ditulis pada amplop foto dan identitas di film dengan AP/Lat.

Lain halnya dengan pemeriksaan Antebrachi, jika di form permintaan rontgennya adalah proyeksi AP/Lat, maka kebanyakan radiographer akan mengerjakan dengan posisi PA/Lat, lalu ditulis pada amplopnya AP/Lat.

Sebenarnya ini merupakan sesuatu fenomena yang sering dianggap sepele oleh kebanyakan dari kita semua, namun tahukan teman-teman bahwa kita sesungguhnya telah memberikan informasi yang salah dan itu telah menjadi kebiasaan kita hampir setiap hari tanpa kita sadari, sungguh suatu kebiasaan yag harus segera kita rubah sejak sekarang.

Mengapa dibuat foto rontgen dengan berbagai proyeksi seperti Antero Posterior (AP), Postero Anterior (PA), Oblique, Lateral dan lain sebagainya tentu semua ada maksud dan tujuannya, untuk itu akan kita bahas pada posting berikutnya..:).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar