Sahabat Yang Sedang On Line

TIPS SEHAT

Pernah pada suatu hari teman sejawat saya mengeluh dengan pekerjaanya sebagai radiografer, setiap hari ia hanya melakukan pemeriksaan rontgen dada terus, tidak pernah ada variasi, terlalu monoton katanya, sehingga ia merasa ilmu yang didapatnya dibangku kuliah sia-sia, mungkin karena dia bekerja pada suatu klinik yang hanya melayani Medical Check Up, sehingga pasien-pasien yang datang tidak mempunyai banyak keluhan-keluhan.
Pernahkah anda merasa bosan dengan rutinitas anda sehari-hari, atau merasa bingung karena kegiatan yang dilakukan itu-itu saja, sehingga membuat pikiran menjadi kacau dan mudah emosi terhadap orang lain, mungkin anda sedang mengalami stress/ depresi sehingga mengganggu perkembangan otak anda untuk melakukan pekerjaan secara maksimal.
Untuk menghindari stres yang lebih lanjut, mulailah untuk berlatih melakukan manajemen stres melalui beberapa cara.

Pertama : Hadapilah setiap masalah yang datang dengan tetap berpikiran positif. Berusaha untuk mencari jalan keluar adalah kunci keberhasilan menghadapi masalah tersebut. Misalnya, hari Rabu, Anis diminta berbicara di depan 30 remaja berisiko tinggi terpapar NAPZA. Hari senin, Anis sudah menyiapkan segala sesuatu sebaik mungkin. Anis stres karena memikirkan pelaksanaan penyuluhan esok harinya, tapi Anis tidak menghindar dari permasalahan. Ia tahu besok pasti akan terjadi, stres dan cemas Anis jadikan sebagai penambah semangat akan keberhasilan dan manfaat yang dirasakan remaja setelah diberikan penyuluhan.

Kedua : Kenali penyebab ketegangan/stres
Penyebab ketegangan atau stres bisa teridentifikasi, bisa juga tidak. Misalnya setiap matakuliah anatomi dan fisiologi, tanpa sadar Dina selalu berkeringat, malas dan selalu ingin keluar lebih dulu dibanding mahasiswa lain. Setelah dianalisa ternyata Dina stres karena dosen pengajarnya pak hendri, selalu memberikan tugas dan pertanyaan secara mendadak.

Diketahui tidaknya penyebab stres tetap harus membuat kita tetap sadar bahwa ketegangan akan selalu kita jumpai selama kita menjalani berbagai aktivitas. Hendaknya kita selalu berpikir logis dan positif terhadap semua stres/ketegangan yang ada, sehingga dengan otomatis kita sudah mempersiapkan diri menghadapi ketegangan tersebut.

Ketiga : Biasakan hidup sehat Makan dengan gizi seimbang. Berusahalah mempertahankan aktifitas yang kreatif seperti olah raga dan rekreasi, Hindari rokok dan minuman keras. Cukup istirahat dan tidur

Keempat : Tetaplah memelihara hubungan persahabatan dan sosial dengan orang-orang diluar lingkungan kerja, misalnya tetangga, kerabat dekat, serta melibatkan diri dalam aktivitas yang berguna seperti kegiatan sosial dan keagamaan.

Tahukah anda apa keuntungan dari manajemen stress itu
Meningkatkan : Sistim kekebalan tubuh, Daya ingat dan daya pikir, Kualitas tidur, Kualitas hubungan sosial, Kualitas hubungan seksualitas, produktifitas lingkungan kerja yang sehat dan dinamis. Serta
mengurangi resiko terkena penyakit seperti jantung dan stroke


Dikutip dari beberapa sumber.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar