Sahabat Yang Sedang On Line

Flu Babi....waspadai tetapi jangan panik!!!



Oleh dr. Evie Indrasanti, M.Kes



Akhir-akhir ini mulai muncul berita yang mengejutakan yaitu munculnya varian baru virus Flu yaitu Flu Babi.

Kenapa disebut flu babi????

Awalnya flu ini hanya mengenai saluran pernafasan babi saja dan seperti flu lain yang mengenai binatang...secara normal sebenernya tidak bisa menjangkiti manusia...tetapi kenyataannya memang saat ini sudah mulai menjadi ZOONOSIS (penyakit yang menjangkiti binatang tapi bisa menular ke manusia dan bahkan juga terjadi penularan antar manusia).

Flu babi disebabkan oleh virus jenis A 9 ada jenis A, B dan C) yaitu varian H1N1.Awalnya gejala Flu Babi adalah mirip dengan sakit flu biasa, yaitu panas tinggi, sakit kepala, bisa batuk pilek, nyeri telan , badan dan persendian terasa ngili...dan dengan cepat kondisi flu akan memberat sehingga bisa menyebabkan Pneumonia dan kegagalan sistem pernafasan dan segera terjadi kematian. Bila ada kndisi penyakiat kronis maka gejala akan lebih mematikan penderitanya.

Penderita flubabi bisa menularkan infeksi kepada orang lain dalam periode 1 hari sebelum gejala muncul sampai 7 hari sesudah muncul gejala sakit.sejauh ini CDC sudah merekomendasikan obat untuk menyembuhkan flu babi dengan obat yang hanya bisa diperoleh di rumah sakit dan dengan resep dokter saja.virus flu babi bisa bertahan selama 2 jam di atas meja, di meja cafetaria, di pegangan pintu dan lain-lain.
Sehingga untuk mencegah terjangkitnya flu...harus rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau detergend.

Karena semua jenis virus pasti mati bila ada kontak dengan sabun atau detergent.bagaimana mencegah terjadinya rantai penularan?
Apabila batuk atau bersin, tutup dengan tissue sekali pakai. dan setelah dipakai segera buang pada tempat sampah, sering cuci tangan dengan sabun (lebih sering lebih bagus), Kurangi kebiasaan menyentuh hidung, mata dan mulut dengan tangan yang tidak dijamin kebersihannya....

Apabila anda ragu dengan flu anda...segera hubungi dokter anda...

Semoga bermanfaat ya tulisan saya yang singkat ini..

Terimakasih



Tidak ada komentar:

Posting Komentar